Home » » Membuat Report Pada Visual Basic Menggunakan Koneksi ADO
| 3 komentar ]

OK…sobat semua. Setelah pada postingan saya sebelumnya Menampilkan Report dengan Crystal Report Menggunakan ADO, sekarang mari kita bahas bagaimana caranya memasukkannya kedalam program/Aplikasi. Disini saya menggunakan visual basic 6.0, jadi pertama sobat harus install VB 6 dan masuk kedalam aplikasi. Setelah dibuka program VBnya, click Project >> Add Criystal Report 8.5 (karena disini saya menggunakan CR 8.5), ato kalo dimenu project tidak ada maka Click Project >> More ActiveX Designers >> Add Criystal Report 8.5. maka akan muncul form seperti ini :


Photobucket



Nahh…dari form diatas pilih Form an Exiting Report, jadi sebelumnya sobat harus buat reportnya dulu di crystal report kemudian kita ambil ke VB 6. setelah muncul form diatas click OK, dan ambil reportnya dimana sobat menyimpanya.Click Open, kemudian muncul Form ini :


Photobucket



Click OK,Maka akan muncul dua form pada visual basic, form Designer dan Form untuk CRViewer atau form untuk menampilkan laporan dari designer. Setelah proses diatas selesei, sekarang kita isi coding yang ada pada form CRViewrnya, Bentuk laporan yang akan saya tampilkan adalah seperti ini :


Photobucket



Data dari laporan tersebut saya ambil dari database Nortwhin dengan dari query Invoice yang ada pada SQL Server, Nahh…sekarang kembali ke coding, kita isi coding pada from CRViewernya bukan Form Designer. Codingnya kurang lebih seperti ini :



Dim Report As New dLaporan

Dim conn As New ADODB.Connection

Dim rec As New ADODB.Recordset

Dim comm As New ADODB.Command






Private Sub Form_Load()
Screen.MousePointer = vbHourglass

Set conn = Nothing

conn.Open "Provider=SQLOLEDB.1;Integrated Security=SSPI;Persist Security Info=False;Initial Catalog=Northwind;Data Source=(local)"



Set comm = New ADODB.Command



With comm
.ActiveConnection = conn
.CommandType = adCmdText
.CommandText = "set dateformat dmy select * from Invoices where OrderDate >= '" & fMenu.DTPicker1.Value & "' and OrderDate <= '" & fMenu.DTPicker2.Value & "'"

.Execute

End With



Set rec = New ADODB.Recordset
rec.Open comm
Report.DiscardSavedData
Report.Database.SetDataSource rec



CRViewer1.ReportSource = Report
CRViewer1.ViewReport
Screen.MousePointer = vbDefault

End Sub





Private Sub Form_Resize()
CRViewer1.Top = 0
CRViewer1.Left = 0

CRViewer1.Height = ScaleHeight
CRViewer1.Width = ScaleWidth

End Sub



Nahh…perahtikan code yang saya warna merah, disitu letakn enaknya menggunakan ADO, kita bisa menggunakan koneksi command. Sehingga kita bisa langsung select pada source laporan dari database dengan criteria yang kita inginkan, bahkan kita bisa menggunakan store procedure di SQL server untuk menampilkan laporan. Apabila sobat masih bingung dengan semuanya yang ada diatas tadi bisa download disini untuk contohnya, nanti bisa dipelajari dan diutek-utek sendiri ma sobat-sobat semua, biar tambah mudah dimengerti.


Share |

Artikel Terkait :



3 komentar

Anonim mengatakan... @ 2 Oktober 2011 pukul 02.58

saya sudah install vb 6 dan crystal report 8.5... tapi pilihan crystal report 8.5 tidak ada pada menu Project atau Project >> More ActiveX Designers >> Add Criystal Report 8.5... Kenapa y?????

tamy mengatakan... @ 26 Juni 2012 pukul 22.12

gan kalau mau bikin link di VB tu gmn caranya??
aq baru bikin kamus digital,itu cuma sebatas pencarian aja aja ,tapi dosenku minta pas di textbox makna kata yang terdapat pada data yang ada di kamus bisa di link dan otomatis bisa langsung muncul ke makna itu.
mohon bantuannya gan!!

Anonim mengatakan... @ 30 Mei 2014 pukul 07.26

Terima kasih banyak atas pencerahannya,sangat membantu banget

Posting Komentar

Recent Reader