Home » » Membuat nomor urut pada laporan, Menggunakan Crystal Report 8.5
| 9 komentar ]

Sebuah laporan yang kita buat terkadang mebutuhkan nomor urut data yang ditampilkan, selain supaya memudahkan membaca laporan yang kita sajikan, nomor urutjuga membuat laporan kita lebih sedap dipandang, berikut contoh laporan menggunakan nomor urut :





Bagaimana caranya, ini dia caranya,. Mari kita buka program crystal report, disini saya menggunakan Crystal Report 8.5, kita koneksikan laporan kita ke database caranya seperti postingan saya sebelumnya disini contoh laporan saya menggunakan database Nortwind dengan table Supplier,

setaleh ditata sedemikian rupa akhirnya jadi laporan seperti ini :





Nahh…..sekarang tinggal mengisi nomor urut yang saya kasih dengan tanda warna merah tersebut diatas, kurang lebih seperi ini caranya :




Click menu insert Field Object, muncul form Filed Explorer,





Pada tree view Running Total Fields, click kanan dan pilih new, maka akan muncul form Create Running Total Field :







Isi Runnig Total Name suka-suka sobat semua, Isi Field to summarize dengan Field Supplier ID dan type of summary dengan Count.

Disini sedikit saya jelaskan maksud dari konfigurasi diatas, maksudnya adalah kita buat Count data dari SupplierID dari database yang kita pilih, sehingga nantinya apabila datanya ada 100 maka noUrut akan terisi 1-100 sesuai dengan data yang ada.

Apabila kita menginginkan nomor urut menjadi nomor 1 lagi dengan group data yang berbeda, maka pada On change group kita isi sesuai dengan field yang kita inginkan supaya nomor urut meng-counter manjadi nomor 1 lagi. Bingung ya…sama saya juga…hehehehehehe….


Seletelah konfigurasai diatas selesei click OK. Maka pada form Field Object pada tree view Running Total Filed akan muncul konfigurasi yang telah kita buat sebelumnya.







Sekarang tinggal kita letakkan nourut diatas pada laporan. Maka hasilnya akan seperti ini :







Demikian dulu sobat untuk informasinya, semoga bermanfaat, amin.....oiya minta komentarnya ya.....terimakasih sebelumnya...


Share |

Artikel Terkait :



9 komentar

Anonim mengatakan... @ 25 Juli 2011 pukul 23.37

Thanks bro, buat skripsi,. masih banyak, thank you, butuh banget kebetulan,.. izin copy,.
:D
damy_f88@yahoo.co.id

Septiawan mengatakan... @ 3 Agustus 2011 pukul 10.01

mau nanya nih? saya nyoba memasukan CR ke dalam instalan tapi hasilnya gagal ketika di instal di komputer lain,pdahal OCX nya udah dimasukan. gimana cara memasukan cristal report yg kita buat kedalam instalan biar sempurna? thks.....

thejv mengatakan... @ 9 Agustus 2011 pukul 19.24

kalau untuk report pada datareport (data environment) bagaimana caranya?

Muhamad Iqbal mengatakan... @ 14 November 2011 pukul 22.53

to : thejv
mungkin lebih baik pake koding aja, ga usah menggunakan "Data Environment".

Muhamad Iqbal mengatakan... @ 14 November 2011 pukul 23.05

to : Septiawan
gagal dalam pengertian apa ya...?
semoga membantu, kemungkinan kegagalan itu karena direktori penyimpanan report bebeda, antara direktori saat report dibuat dengan direktori saat penginstalan.

coba gunakan
Set Report = Application.OpenReport(App.Path & "NamaReport.rpt")

silahkan e-mail ke lab.qballz@gmail.com

elisabethdula mengatakan... @ 13 Desember 2011 pukul 01.24

Pak, saya mau buat report bentuknya mirip tree view.

Class 1
ItemsA
SubItems1
SubItems2
ItemsB
ItemsC
Class 2
ItemsA
ItemsB
SubItems1
SubItems2
ItemsC

Pak, tolong saya dipandu bagaimana saya bisa bikin report bentuk tree view spt diatas. Proses menarik semua field yg diperlukan dari database sudah berjalan, hanya saya kesulitan untuk grouping nya supaya menyerupai bentuk tree view.

email saya : elisabethdula@yahoo.com

tria mengatakan... @ 28 Maret 2012 pukul 03.44

lo buat tabel kaya gitu gimN gN

Calon Petaniii... mengatakan... @ 19 Juni 2012 pukul 07.43

Terima kasih atas ilmunya,sy lag belajar VB Net. Sekalian mohon ijin tuk nempelkn sebagai artikelnya di blog saya, jaelani.nederig.org

Arifin mengatakan... @ 19 Desember 2012 pukul 01.22

Mantap...sangat membantu...terima kasih gan

Posting Komentar

Recent Reader