Home » » Resume Prospek Bisnis
| 1 komentar ]

Dalam era globalisasi dan teknologi dewasa ini, penggunaan komputer sebagai salah satu alat teknologi informasi sangat dibutuhkan keberadaannya hampir disetiap aspek kehidupan. Penggunaan perangkat komputer sebagai perangkat pendukung manajemen dan pengolahan data adalah sangat tepat dengan mempertimbangkan kuantitas dan kualitas data, dengan demikian penggunaan perangkat komputer dalam setiap informasi sangat mendukung sistem pengambilan keputusan.
Maka dari itu peran serta komputer sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan komputerisasi sudah hampir mencangkup semua aspek kehidupan, seperti di Minimarket, Rumah Sakit, Perkantoran, Sekolah, Hotel, Instansi Pemerintahan, dan banyak lainnya.
Dengan semakin banyaknya penggunaan komputer di era globalisasi ini, semakin banyak pula usaha-usaha yang tercipta untuk memenuhi kebutuhan penggunaan komputer seperti adanya usaha software house. Prospek bisnis untuk usaha sorfware house ini sangat baik diingat penggunaan komputer di zaman sekarang sangat tinggi.
Tidak mesti membangun usaha komputer, usaha lainpun dapat kita bangun asalkan sesuai dengan keahlian yang kita miliki diingat prospek bisnis atau peluang bisnis adalah kesempatan yang pasti bisa didapatkan seseorang atau lebih dengan mengandalkan potensi diri yang ada dan dengan memanfaatkan berbagai kesempatan baik itu peluang usaha apa saja, yang bisa dengan sigap kita ambil.
Sebelum memulai berbisnis ada baiknya kita mengetahui keahlian kita sendiri, agar nantinya pekerjaan yang kita lakukan tidak cepat membosankan. Pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan keahlian kita sendiri pastinya akan sangat menyenangkan dan hasilnyapun pasti akan sangat memuaskan. Sebelum membuka usaha ada baiknya kita mengetahui cara kerja atau sistem kerja dari sebuah perusahaan agar nantinya perusahaan yang kita bangun tidak cepat bangkrut. Jika kita belum mengetahui sistem kerja dari usaha yang kita ingin bangun sebaiknya mulailah dulu dari menjadi karyawan di perusahaan yang ingin kita bangun nantinya misalnya menjadi pegawai di perusahaan software house, semakin lama bekerja disana kita akan semakin mengetahui system kerja disana. Selain itu kita juga harus sering-sering bertanya kepada karyawan/ pegawai disana untuk lebih mengetahui kinerja di perusahaan itu. Semakin anda mengetahui system kerja disana, akan semakin memudahkan anda untuk membangun usaha anda sendiri dikemudian harinya. Jadi memungkinkan resiko yang terjadi akan dapat diperkecil agar tidak terjadi kebangkrutan dalam suatu usaha yang akan kita buat.
Jika kita menjadi seorang karyawan/ pegawai di perusahaan orang lain, jangan pernah menganggap diri kita sudah  hebat, pintar, dari orang lain seperti orang bali mengatakan “de ngaden awak bisa” tapi tunjukkanlah hasil kerja kita kepada orang lain. Karena orang lain yang akan menilai kita dari hasil kerja yang kita lakukan.
Janganlah menjadi manusia yang semakin berisi semakin tambah sombongnya, semakin tinggi angkuhnya, semakin tinggi keakuannya, arogannya, tapi contohlah tanaman padi, yang semakin berisi semakin merunduk yang artinya semakin seseorang itu berilmu, maka orang itu akan semakin pendiam.
Jika kita sudah benar-benar mengetahui kinerja dari perusahaan itu, barulah kita mencoba untuk membuka usaha sendiri. Membuka usaha memerlukan keberanian, dan resiko yang tinggi, karena untung dan ruginya usaha yang kita buka tergantung kita sendiri. Semua usaha pasti memiliki resiko yaitu mengalami kebangkrutan, maka dari itu pintar-pintarlah mengatur usaha anda sendiri, dan banyak-banyaklah mencari pembeli. Jika anda tidak didatangi pembeli, maka andalah yang mendatangi pembeli seperti prinsip “jemput bola”.
Jika anda seorang yang tidak ingin sebuah tantangan, hanya ingin santai cukuplah untuk jadi pegawai saja. Tapi jika anda seorang yang ingin tantangan, ingin lebih maju, ingin mendapatkan keuntungan yang besar, ada baiknya anda membuka usaha sendiri meskipun resikonya tinggi, tapi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, penuh semangat, dan pintar-pintarlah menjual produk anda sendiri, alhasil kita akan mendapatkan keuntungan. Jadi disanalah letak tantangan kita, bagaiaman pintarnya kita mengatur perusahaan kita sendiri. Tidak hanya itu persaingan di dunia usaha sangan cukup ketat, agar tidak mengalami kebangkrutan baiknya kita aktif melakukan promosi ke orang lain, mengajukan proposal, bila perlu membuat website untuk perusahaan kita dan lain sebagainya untuk mendapatkan pembeli.
Untuk mempromosikan barang yang kita jual kita membutuhkan seorang marketing. Marketing atau pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli. Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan usaha terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing. Seperti contohnya : jika kita adalah seorang pengusaha baru, janganlah membuat produk yang terlalu mahal, karena pembeli akan berpikir 2 kali untuk membelinya, jangan mengajak teman ke perusahaan kita jika nantinya akan mengganggu pelayanan terhadap pembeli. Ingatlah kita harus mengganggap pembeli itu adalah raja, jadi apapun permintaan pembeli itu adalah perintah yang harus dilakukan.
Seperti yang dikatakan Om Joger “marketing adalah orang yang paling penting dalam suatu perusahaan, selain dari itu hanya pembantu marketing” Marketing merupakan kekuatan utama untuk mendapatkan pembeli, karena seorang marketing handal akan mampu menjual barangnya, semakin banyak menjual barang semakin besar keuntungan yang didapat perusahaan. Jadi marketing sangat berperan penting dalam sebuah perusahaan. Jika anda seorang marketing, ingat dan ramahlah pada pembeli, karena pembeli sangat suka jika dia dilayani dengan baik. Jika pembeli sudah suka dengan pelayanan anda, kemanapun anda pindah-pindah perusahaan mereka akan tetap mengikuti anda. Maka dari itu jangan menganggap remeh marketing itu, karena marketing sangat berperan penting dalam kemajuan perusahaan yang kita buat.
Apapun usaha yang kita buat jika didasari dengan kegigihan, kerja keras, dan ketekunan pasti akan mendatangkan hasil. Lakukan dengan sepenuh hati untuk mencapai tujuan. Tapi jika sebaliknya, kita hanya membangun usaha sekedar ikut-ikutan saja, belum tentu hasilnya akan memuaskan dan kemungkinan usaha yang anda bangun akan cepat mengalami kebangkrutan.
Janganlah pernah menyerah jika menemukan kegagalan, anggaplah kegagalan yang anda alami adalah sebuah jalan untuk mencapai kesuksesan. Untuk mencapai kesuksesan itu akan sangat banyak rintangan yang perlu dihadapi. Hadapi semua risiko yang ada penuh dengan beberapa hal dibawah ini seperti : 
  1. Penuh tanggung jawab
  2. Penuh semangat
  3. Pantang menyerah
Dengan semua itu, mudah-mudahan usaha yang kita bangun dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan keuntungan.

NB :  Artikel diiatas hanyalah resume dari sebuah prospek bisnis yang diberikan di bangku kuliah.
       

Share |

Artikel Terkait :



1 komentar

Anonim mengatakan... @ 16 Mei 2013 08.29

Definitely believe that which you said. Your favorite reason
seemed to be on the web the easiest thing to be aware of.
I say to you, I definitely get annoyed while
people consider worries that they just do not know about.
You managed to hit the nail upon the top as well as defined out
the whole thing without having side-effects ,
people can take a signal. Will likely be back to get more.
Thanks

Also visit my webpage :: book of ra app f�sung

Poskan Komentar

Recent Reader

GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan artikel terbaru langsung ke email anda!